Minggu, 21 April 2013

COUNTERCURRENT


CONTERCURRENT

Pertukaran lawan arus
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tukar saat panas kontra: Perhatikan diferensial bertahap menurun dan bahwa sekali panas dan dingin keluar aliran pada perbedaan suhu terbalik, lebih panas aliran masuk menjadi aliran pendingin keluar dan sebaliknya.

Pertukaran lawan arus adalah mekanisme yang terjadi di alam dan menirukan dalam industri dan rekayasa, di mana ada crossover dari beberapa properti, biasanya panas atau komponen, antara dua benda mengalir mengalir dalam arah yang berlawanan satu sama lain. Mayat mengalir dapat cairan, gas, atau serbuk bahkan padat, atau kombinasi dari mereka. Misalnya, dalam kolom distilasi, uap gelembung atas melalui bawah mengalir cair, sementara bertukar baik panas dan massa.

Jumlah maksimum transfer panas atau massa yang dapat diperoleh lebih tinggi dibandingkan dengan lawan co-saat ini (paralel) pertukaran karena lawan mempertahankan perbedaan perlahan menurun atau gradien (biasanya suhu atau perbedaan konsentrasi). Dalam pertukaran bersamaan gradien awal adalah lebih tinggi tetapi jatuh dengan cepat, menyebabkan potensi terbuang. Sebagai contoh, dalam diagram di sebelah kanan, cairan yang dipanaskan (keluar atas) memiliki suhu exiting lebih tinggi daripada cairan didinginkan (keluar bawah) yang digunakan untuk pemanasan. Dengan pertukaran searah atau paralel cairan dipanaskan dan didinginkan hanya bisa mendekati satu sama lain. Hasilnya adalah bahwa pertukaran lawan arus dapat mencapai sejumlah besar panas atau perpindahan massa daripada paralel dalam kondisi yang serupa. Lihat: pengaturan arus.

Pertukaran lawan arus ketika diatur dalam suatu rangkaian atau loop dapat digunakan untuk membangun konsentrasi, panas, atau properti lainnya dari cairan yang mengalir. Khususnya ketika diatur dalam lingkaran dengan cairan penyangga antara fluida masuk dan keluar berjalan di sirkuit, dan dengan pompa transpor aktif pada tabung yang keluar fluida, sistem ini disebut penggandaan lawan, mengaktifkan efek dikalikan banyak pompa kecil untuk secara bertahap membangun konsentrasi besar dalam cairan penyangga.

Sirkuit pertukaran lawan lain di mana cairan masuk dan keluar menyentuh satu sama lain digunakan untuk mempertahankan konsentrasi tinggi zat terlarut atau untuk menahan panas, atau karena membiarkan penumpukan eksternal dari panas atau konsentrasi pada satu titik dalam sistem.

Sirkuit pertukaran lawan arus atau loop ditemukan secara luas di alam, khususnya dalam sistem biologis. Pada vertebrata, mereka disebut Rete mirabile, awalnya nama organ dalam insang ikan untuk menyerap oksigen dari air. Hal ini menirukan dalam sistem industri. Pertukaran lawan adalah kunci
konsep dalam termodinamika teknik kimia dan proses manufaktur, misalnya dalam mengeluarkan sukrosa dari akar gula bit.

Berlawanan perkalian adalah konsep yang sama tetapi berbeda di mana bergerak cair dalam satu lingkaran diikuti oleh panjang panjang gerakan dalam arah yang berlawanan dengan zona menengah. Tabung yang mengarah ke lingkaran pasif membangun gradien panas (atau pendinginan) atau konsentrasi pelarut sedangkan tabung kembali memiliki tindakan konstan memompa kecil sepanjang itu, sehingga intensifikasi bertahap panas atau konsentrasi dibuat arah loop. Berlawanan perkalian telah ditemukan di ginjal [1] serta di banyak organ biologis lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar